Sabtu, 28 Mei 2011

Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas


Judul buku:
Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas

Penulis:
Moh. Amin, M.Pd

Harga:
Rp 40.000,-

Data dari Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009 menunjukkan, bahwa terdapat 2.607.311 (dua juta enam ratus tujuh ribu tiga ratus sebelas) guru
. Dari jumlah tersebut, hanya 569.611 guru dengan pangkat golongan IVa atau hanya sebesar 21,84 %. Faktor penyebabnya adalah, untuk naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi, seorang guru harus bisa mengumpulkan nilai dari unsur pengembangan profesi, sementara rata-rata guru belum menguasainya.
Kenaikan pangkat yang terhambat karena ada unsur pengembangan profesi seperti itu, tidak hanya dialami oleh guru dengan pangkat golongan IVa ke atas saja, tetapi juga guru dengan golongan pangkat III b ke atas bila PERMENPAN/RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya diberlakukan.
Nah, buku berjudul “Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas untuk Penilaian Angka Kredit Guru” ini menjawab kebutuhan para guru akan adanya panduan praktis pengembangan profesi guru melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Isi buku ini ada empat bab. Bab I berisi tentang beberapa konsep dasar tentang Penelitian Tindakan Kelas. Bab II berisi tentang beberapa kriteria tentang sebuah Laporan PTK agar bisa mendapatkan penilaian dari tim penilai. Bab III berisi penjabaran tentang beberapa hal yang berhubungan dengan Laporan Karya Ilmiah tentang Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Serta bab IV berisi contoh-contoh Judul PTK, contoh Jurnal PTK dan contoh Laporan PTK.
Buku ini penting dimiliki oleh para guru dan komunitas pendidikan pada umumnya, sebagai salah satu ikhtiar tercapainya cita-cita luhur peningkatan kualitas pendidikan di tanah air. Selamat menyimak buku penting ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar